Saturday 21 January 2017

MY MOTHER IS MR HERO


Islam mengajarkan kita untuk menghormati kedua orangt tua, jangan sekali kali kita durhaka kepada orang tua kita , jika kita durhaka kepada orang tua  kita  akan celakan di dunia maupun di akhirat  terutaama seorang ibu , ada pepatah yang mengatakan There is paradise under mother’s foot”. (Surga berada di telapak kaki Ibu)


عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ جَاءَ رَجُلٌ إِلَى رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ :يَا رَسُوْلَ اللهِ، مَنْ أَحَقُّ النَّاسِ بِحُسْنِ صَحَابَتِي؟ قَالَ أُمُّكَ، قَالَ ثُمَّ مَنْ؟ قَالَ أُمُّكَ، قَالَ ثُمَّ مَنْ؟ قَالَ أُمُّكَ، قَالَ ثُمَّ مَنْ، قَالَ أَبُوْكَ

Dari Abu Hurairah radhiyallaahu ‘anhu, belia berkata, “Seseorang datang kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam dan berkata, ‘Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Dan orang tersebut kembali bertanya, ‘Kemudian siapa lagi?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi?’ Beliau menjawab, ‘Ibumu.’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi,’ Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Kemudian ayahmu.'” (HR. Bukhari no. 5971 danMuslim no. 2548)


Segitu besarnya jasa seorang ibu sehingga ia di sebutkan tiga kali dalam hadist terebut baru yang ke empat adalah seorang ayah .Seorang Imam menjelaskan bahwa ibu memiliki 3 kecintaan dan juga pengorbanan yang membuatnya memiliki kedudukan yang lebih tinggi jika dibandingkan ayah yaitu pengorbanan besar yaitu Imam AL Qurthubi dalam tafsirnya “ Al Jami;il AL Ahkamil Qur’an pada saat ia mengandung, pengorbanan pada saat ia melahirkan dan pada saat ia menyusui.

1) Pengorbanan pada saat ia mengandung , seorang ibu mengandung anaknya 9 bulan 10 hari berada di perutnya, terkadang seorang ibu merelakan apa saja demi keselamatan anaknya.

2) Pengorbanan yang kedua adalah melahirkan , seorang ibu melahirkan seorang anak tidak mudah, terkadang ia harus merelakan nyawanya sendiri agar bayinya  dapat lahir  

3) Penngorbanaan yang ke 3 adalah menyusui dan mendidiknya, anak anaknya di didik dengan penuh kasih sayang dangan penuh pengorbanan agar anaknya menjadi anak yang saheh dan salehah 



IBU lah yang merawat kita sejak bayi, balita, hingga kita dewasa pun kasih sayangnya tidak akan hilang. Karena pengorbanan yang besar inilah, kita wajib menyayangi ibu kita, lebih dari sayang kita kepada orang lain. kita tidak akan bisa membalasnya dengan seberapa banyak uang yang kita milik.
Hal apa yang tidak boleh di lkukan kepada orang tua di antaranga :


  • Membuat keduanya menangis dan bersedih, dengan cara apapun baik dengan ucapan maupun perbuatan.
  • Membentak keduanya dengan cara mengeraskan suara dan berkata-kata dengna kasar kepada kedua orang tua.
  • Berkata-kata dengan “ah” dan kesal terhadap perintah ibunya. 
  • Bermuka masam dan mengerutkan dahi di hadapan keduanya.
  • Mencela makanan yang disiapkan ibu.
  • Dan  masih banyak lagi 


Hal apa yang harus kita lakukan kepada orang tua :

1. Taat dan berbakti pada orang tua. Selama mereka tidak memerintah pada kemusyrikan, dan kita   tetap menjaga tata krama dan kebaikan.
2. Mendoakan kedua orang tua. Diantara doa kita pada orang tua adalah :
“robbil firli wali wa lidaya war hamhumma kama robbayani soghiro”.
3. Menjaga ucapan kita agar tetap sopan, nada bicara jangan terlalu tinggi, jangan membentak, jangan menolak ketika diperintah. Jika tidak bisa, katakan dengan baik alasannya, jangan menggerutu.

Itulah beberapan pedoman kita untuk berbuat baik kepada orang tua terutama terhadap ibu. Mudah-mudahan kita, ibu-ibu kita, bapak-bapak kita, saudara-saudara kita, bersaudara dalam keimanan dan ketakwaan, sehingga dipertemukan kembali di Surganya ALLAH SWT atas Ridho-Nya.. Amin amin Ya robal ‘aalamin.

Orang bijak bilang “ Orang tua kaya,anak jadi raja dan ratu…Tapi jikalau anak kaya,tak jarang dari Orang tua yang jadi pembantu…” nauzubilah himinzalik 


Jadi  janganlah kita durhaka kepada orang tua karena ridho allah tergantung pada ridha orang tua , jika orang tua memarahi kita bukan karena ia benci kepada kita melainkan ia ingin kita menjadi orang yang lebih baik. 

Bagikan

Jangan lewatkan

MY MOTHER IS MR HERO
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>